Media Online Mata Rakyatta Sulawesi Selatan
Beli Tema IniIndeks
Daerah  

Dandim 1411/Blk, Sampaikan Materi Wawasan Kebangsaan di Kampus STAI AL-Gazali

MATARAKYATTA, BULUKUMBA – Mahasiswa STAI Al-Gazali Bulukumba mengikuti kuliah umum terkait Mata Kuliah PAK (Pendidikan Anti Korupsi). Hadir sebagai pemateri Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Inf Kaharuddin Dj, S. Pd, M, Tr, Han (Dandim 1411/Blk), Sabtu 06/05/ 2023.

Dalam kesempatan tersebut Letkol Inf Kaharuddin Dj, S.Pd, M.Tr, Han (Dandim 1411/Blk) memberikan materi terkait wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya Pengetahuan Bela Negara agar tidak mudah terpecah belah oleh berbagai ancaman.

[

Dalam materinya, Dandim 1411/Blk itu, menjelaskan bahwa Bela Negara tidak bisa dilepaskan dari wawasan kebangsaan yang harus dimiliki oleh setiap insan warga negara Indonesia. Dihadapkan dengan kehidupan kampus yang mempunyai pola pikir maju dan bebas. Mahasiswa harus mempunyai jiwa nasional yang tinggi yang bisa membawa kebaikan bangsa dan negara.

“Kita harus senantiasa membangun karakter bela negara pada diri kita masing-masing, sehingga bisa membela negara kita agar tidak terpecah belah oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab.” terang Dandim saat memaparkan materinya.

Ia menambahkan, bahwa Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya pemeluk agama islam. Sedangkan di dalam agama Islam saat ini banyak aliran dan faham fanatik yang berkembang, ini juga bisa menjadi potensi konflik jika kita tidak bisa selalu waspada dengan menanamkan jiwa nasional dan cinta tanah air.

Letkol Inf Kaharuddin juga mengatakan, mahasiswa-mahasiswa saat ini harus menjadi generasi penerus yang berkualitas, memiliki karakter yang tangguh dan menjadi agen di berbagai lini demi kemajuan sebuah negara,”harapnya.

“Saya berharap sebagai mahasiswa dan generasi muda, kalian harus senantiasa menumbuhkan semangat untuk bersatu dan mampu menjadi generasi-generasi yang berkualitas, sehingga kedepan generasi muda Indonesia dapat memiliki karakter yang tangguh, sekaligus menjadi agen-agen perubahan di berbagai lini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” tutup Dandim.

Hadir pula, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bulukumba A. M. Rieker, SH, MH, yang membawakan materi berjudul Pengenalan Hukum dan Pemahaman Tentang Korupsi.

Dalam paparannya, Kasi Pidsus Kejari Bulukumba banyak mengulas seputar landasan hukum pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta jerat hukum bagi pelakunya.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula III Kampus STAI Al-Gazali Bulukumba, dengan diikuti oleh para mahasiswa dari program studi PIAUD, PGMI dan PAI. Para mahasiswa mengikuti dengan seksama materi-materi yang disampaikan sebagai bagian dari upaya pemahaman hukum, pendidikan anti korupsi dan wawasan kebangsaan.

Sebelum dimulai, kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua III STAI Al-Gazali Drs. H. Syarkawi, M. Pd. I didampingi Dosen Drs. Mardianto, M. Pd.I

“Terima kasih mewakili Ketua Yayasan dan Ketua STAI Al-Gazali atas kedatangan bapak dari Kejaksaan Negeri dan bapak Dandim di kampus kami untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa kami,” tutur H. Syarkawi.-(Pendim 1411/Blk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *